Imam T Saptono, “Ibadah Haji dan Umroh Berperan Membuat Indonesia Merdeka”

Nikmati Perjalanan Ibadah Haji & Umroh Bersama Cahya 99 Tour & Travel

Imam T Saptono, “Ibadah Haji dan Umroh Berperan Membuat Indonesia Merdeka”

Imam T Saptono, “Ibadah Haji dan Umroh Berperan Membuat Indonesia Merdeka”

“Ibadah Haji dan Umroh Berperan Membuat Indonesia Merdeka”

Imam T Saptono, salah seorang tokoh ekonomi syariah, membeberkan suatu fakta yang sangat menarik tentang betapa besarnya peran ibadah haji dan juga umroh bagi kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Kalau kita melakukan ibadah haji atau ibadah umroh dengan sepenuh hati, maka hal tersebut akan bisa memberikan perubahan bagi diri kita sendiri, keluarga, dan bahkan bisa juga bagi bangsa ini,” demikian diungkapkan Imam T Saptono, Wakil Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI)  kepada MySharing/Cahya Madina  baru-baru ini di Jakarta.

Mantan Direktur Utama BNI Syariah itu lalu menceritakan, bahwasanya dahulu Negara Indonesia ini bisa tegak berdiri keberadaannya salah satunya adalah berkat ibadah haji dan umroh yang dilakukan oleh para pahlawan-pahlawan bangsa ini.

“Dahulu, haji dan umroh yang  membuat Negara ini ada, atau yang membuat Indonesia merdeka. Karena para pahlawan-pahlawan kita seperti Imam Bonjol, dan para tokoh baik dari NU, Muhammadiyah, dan juga organisasi-organisasi lainnya, bangkit setelah dia melakukan perjalanan haji dan umroh,” papar Imam.

Bahkan, lanjut Imam, saking dahsyatnya pengaruh dari ibadah haji dan umroh dari orang-orang Indonesia yang melaksanakan ibadah tersebut di masa itu, maka bagi penguasa kolonial di masa dahulu itu, orang-orang yang sudah pulang berhaji diberi label atau ditempelkan nama haji.

“Ditempelkan nama haji supaya bisa dipantau karena orang ini dianggap berbahaya. Hal itu karena betapa besarnya dampak orang-orang yang beribadah haji dan umroh. Dampak itu betapa kuatnya, karena bisa membawa pergerakan tak hanya individu tapi juga gerakan bangsa,” papar Imam lagi.

Menurut Imam, orang-orang yang baru pulang dari haji atau umroh saat itu sangat diperhitungkan oleh penguasa kolonial, karena begitu kuatnya orang-orang tersebut bisa membawa perubahan ke lingkungan disekitarnya.

Karena meyakini begitu besarnya pengaruh haji maupun umroh bagi ummat Muslim yang mengerjakannya, Imam sendiri selalu berupaya agar saat dirinya melakukan ibadah haji maupun umroh, maka ibadahnya tersebut harus bisa dikerjakannya dengan optimal.

“Saya sangat meyakini,  bahwa kalau umroh dan haji itu memang kita lakukan dengan benar dan sepenuh hati, maka ibadah tersebut bisa memberikan perubahan bagi diri kita, keluarga dan seterusnya,” demikian Imam T Saptono. *

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.