Riyanto Sofyan: “Umroh Pertama Saya Turut Mempengaruhi Hijrahnya Hotel Sofyan Menjadi Syariah”

Nikmati Perjalanan Ibadah Haji & Umroh Bersama Cahya 99 Tour & Travel

Riyanto Sofyan: “Umroh Pertama Saya Turut Mempengaruhi Hijrahnya Hotel Sofyan Menjadi Syariah”

Riyanto Sofyan: “Umroh Pertama Saya Turut Mempengaruhi Hijrahnya Hotel Sofyan Menjadi Syariah”

Riyanto Sofyan, owner jaringan hotel syariah terbesar di Indonesia, yaitu Sofyan Hotels Group bercerita kepada MySharing, bahwa ibadah umroh yang pertama kali dilakukannya turut punya andil dalam proses metamorfosisnya Sofyan Hotel menjadi hotel berprinsip syariah.

“Umroh yang paling berkesan bagi saya adalah umroh pertama,” kenang Riyanto Sofyan baru-baru ini kepada MySharing/Cahya Madina di Jakarta.

Jelas Riyanto, saat hendak berangkat umroh pertama itu, Riyanto mengaku memang sudah memulai proses hijrah dirinya ke jalan Allah, namun dia merasa masih belum optimal dalam berhijrahnya tersebut, karena masih banyak terjadi pertentangan dalam batinnya.

“Pada waktu itu, saya sudah proses hijrah yaitu mulai Juli 1989 sampai Desember 1991. Namun waktu itu, saya ibarat shalat rajin, namun gaya hidup sekuler juga masih jalan. Masih ada pertentangan. Saat itu anak saya lahir di 8 Desember 1991, saya seminggu kemudian bersiap melakukan umroh. Namun kemudian, saya nyaris tidak jadi berangkat, karena saya sakit panas demam tinggi. Tapi saya paksakan berangkat juga, karena sudah nazar, dan sampai di sana ternyata saya sembuh total,” papar Riyanto mengenang.

Menurut Riyanto, berkah dari umroh pertamanya tersebut, telah mengubah jalan hidupnya. Karena kemudian ia bertekad untuk benar-benar menjalankan hidupnya di jalan Allah SWT. Termasuk juga memantapkan keyakinannya untuk mengubah konsep hotel yang dimilikinya menjadi hotel berlabel syariah.

“Saat itu memang banyak rekan yang mempertanyakan, mana mungkin hotel bisa dijadikan syariah? Memangnya bikin masjid? Apalagi hotel dan pariwisata saat itu dikonotasikan dengan hal maksiat,” lanjut Riyanto lagi.

Namun kemudian lanjut Riyanto, ia merasakan banyak kemudahan didalam menjalankan bisnis hotelnya dengan konsep syariah.

“Terlihat bahwa jalan dari Allah itu memang benar. Saya merasakan sekali, bahwa kesuksesan dan keberkahan bisa datang secara bersamaan. Yang penting itu keyakinan kita bahwa tidak ada kekuatan selain daripada Allah, dan tiada Tuhan selain Allah. Kalau kita sudah yakin seperti itu, insya Allah kita pasti akan sukses,” ungkap Riyanto.

Kesimpulannya, jelas Riyanto, umroh pertamanya saat itu bisa memberikan kekuatan kepadanya untuk bisa benar-benar melangkan di jalan Allah. “Itu yang saya rasakan,” demikian tutup Riyanto Sofyan. *

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.